Jumat, 26 Desember 2014

Faisal Basri: Pak Dahlan saja susah bubarkan Petral

KANALSATU - Sebuah fakta menarik dikemukan oleh Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri terkait susahnya proses penanganan dan pembubaran anak usaha Pertamina yaitu PT Petral.

Secara Khusus Faisal Basri mengatakan bahwa proses pembubaran Petral tidaklah mudah mengingat hal itu pernah akan dilakukan oleh Menteri BUMN periode lalu yaitu Dahlan Iskan, namun akhirnya mundur dan tidak jadi melakukan proses pembubaran akibat adanya kekuatan besar yang mengamankan Petral untuk tidak bubar.

Lebih jauh Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri mengaku masih bingung memberikan rekomendasi terkait keberadaan anak usaha Pertamina yaitu Petral.

Faisal bahkan sempat bertemu mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terkait kerumitan persoalan tersebut.

Lebih dalam laporan Medeka.com menyebutkan bahwa pengakuan Dahlan dari hasil pertemuan yang dilakukan di Aceh tersebut adalah, National Oil Company (NOC) Indonesia tidak sebaik lainnya. Dahlan dulu bahkan telah berniat menghentikan operasional Petral.

Namun, pembubaran Petral tidak mudah karena adanya pengamanan dari 'atasan' Dahlan. "Tapi kenapa susah dihentikan, karena ada langit (atasan) di atas Pak Dahlan," kata Faisal di Jakarta, Rabu (24/12) sebagimana dikutip dari Merdeka.com.

Ketika dikorek lebih jauh siapa langit yang dimaksud, Faisal ogah menyebutkan secara pasti. Namun, dia menegaskan bahwa 'langit' tersebut merupakan atasan Dahlan saat menjabat sebagai menteri. "Ya atasannya Pak Dahlan, siapa?" ungkapnya.

Sementara itu sesaat melihat kondisi sekarang, Faisal menyebut masih terlalu cepat memutuskan rekomendasi terhadap Petral. Pihaknya menyarankan agar diberlakukan perizinan satu pintu.

"Terlalu dini, [untuk direlokasi atau di hentikan]. Tapi kami meminta perizinan satu pintu untuk crude maupun produk lain. Nanti [kalau] Petral dibubarkan, ada join venture di Vietnam, Hongkong atau lainnya. Sejauh ini baru itu yang kami bisa lakukan," terangnya. (Medeka.com/win7)

http://kanalsatu.com/id/post/37348/faisal-basri--pak-dahlan-saja-susah-bubarkan-petral

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost