Jumat, 25 Juli 2014

Ricky Elson : Catatan Panjang, tentang 2 Tahun lalu, ditanggal yang sama


Catatan pengingat perjalanan... di Negri tercinta

Bismillaah..
Hari ini, ya persis sama jam segini...
2 tahun yang lalu, 20 Juli 2012..
Setelah sehari sebelumnya jam 19 saya baru mendarat dibandara Soe-Hatta, memenuhi janji pada RI 1 dan Semua Peserta yg hadir di pertemuan kesepakatan misi pengembangan Mobil Listrik Nasional, 2 Bulan sebelumnya, 25 Mei 2012, yg terdiri dari 38 Rektor dan 6 orang mentri terkait.


Janji dihadapan mereka, akan menyerahkan Teknologi Mesin Mobil listrik 
dalam 3 Bulan, berupa Prototype Permanent Magnet BLDC Motor. BLDC Motor kapasitas 25kW, dgn berat 16kg, yg akan menjadi mesin penggerak Mobil Listrik PT PINDAD.


2 Tahun lebih cepat dari rencana Nasional, yang baru akan bikin prototype BLDC Motor itu tahun ini, 2014, bahkan belum dimulai. menjalankan misi Ghost Protocol, saya sendiri.
Dengan tantangan akan ditangkap di Bandara Jepang dan di Imigrasi Indonesia, karna membawa komponen Mesin seberat 15 kg didalam Koper, karna tuduhan Pencurian Teknologi,
Ya, karna Teknologi Prototype ini, baru saja saya kembangkan di Jepang, dan belum sempat dipatentkan,  dengan Teknologi Cogging-Less terbaik di dunia, saat inipun, mengalahkan teknologi Cogging dari Electric Motor buatan Toyota, Honda, Nissan, Hitachi, bahkan yg menjadi mesin Tesla,
yaitu Electric Motor buatan UQM Amerika sekalipun tak mampu menandingi teknologi Cogging Less ini, sampai saat ini.


Namun itu.. pada akhirnya tak berarti di negri ini, bukan karna tak dihargai...dan saya tak pernah sedih, karna memang negri ini belum tahu bahwa teknologi tersebut sangat berharga...


Mereka mengira, bahwa Motor dan Generator itu bisa dirancang siapa saja.
dan saya pun tak punya kekuatan untuk meyakinkan Negri ini.

Malam tgl, 19 saya menginap didekat Bandara SoeHatta. dan tgl 20 Juli 2012, jam 4 pagi, telfon berdering... terdengan suar si seberang sana,
"Ricky..... anda dimana" tanya nya Khas..
"Alhamdulillaah, sudah di Indonesia dan sekarang di dekat Bandara, Pak"
jawab saya.
"Anda, Bisa ndak segera ke Tempat saya, ya.. saya tunggu".
kejarnya..
"Segera , Pak..saya ke sana" balasku.

Segera saya meninggalkan istri saya untuk Pulang sendiri ke Padang, dan saya ke Apartemen penelpon barusan, yang dari pertemuan saya dengannya..
Begitu banyak dan begitu drastisnya cerita hidup saya di Indonesia.

Jam 4, segera saya meluncur dengan Taksi ke area SCBD Sudirman, dan lansung ke lantai 5..
dan disana, Seorang Mentri (hanya ditemani istrinya..) tanpa ada pengawal dan pembantu .
dalam hati saya bergumam,


"Ternyata di Indonesia juga ada "orang gila" yang mengajak rapat subuh subuh begini."... ini orang pertama.

Ya, saya dipanggil oleh Bapak Dahlan Iskan Rapat, jam 5 pagi.. tentang Rencana pengembangan Mobil listrik, tentang rencana pengembangan pembangkit listrik Tenaga Angin dan Rencana rencana beliau lainnya. 


Hari itu juga, beliau menelfon seseorang...  Ibu Tri Mumpuni, yang punya kebiasaan yang sama, "Rapat untuk mendiskusikan hal Yang Penting, setelah Sholat Subuh"
(Ini orang gila ke dua..., mungkin saya yang ketiga, ikut2an gila)

Saya menceritakan, keberhasilan saya, "Membawa pulang" mesin rancangan saya, dan menyatakan, bahwa, saya dan PINDAD, sesuai rencana akan menyelesaikan Mobil Listrik Indonesia pertama dengan mesin Penggerak hasil rancangan dan karya anak Indonesia..


Dengan permintaan, Agar HUTANG saya dibayar...
"loh, anda punya Hutang? berapa? pada siapa? "
Tanya beliau...
" Iya, pak.. pada Saudara di Timur Negri ini, 3 Milyar... "
jawab saya..
"Hutang apa itu?" kejarnya..
"Hutang janji, akan menerapkan pembangkit listrik tenaga Angin,
yang saya kembangkan di jepang... sebanyak 100 buah di desa yg belum terjangkau PLN sejak Negri ini Merdeka, saudara saudara saya.." , Saya tidak tahu beliau dulu Dirut PLN.
"Loh, anda yakin bisa ? dengan PLT Angin kecil anda itu? " tanya beliau..
"Yakin sekali.... , InsyaAllaah"...jawab saya..
"Baik, kita laksanakan, saya carikan orang yg akan membantu Anda, Dengan catatan anda juga bisa menyelesaikan Mobil Listrik PINDAD (tepat waktu)"..


Segera beliau menelpon seseorang, yg tak lain adalah Ibu TRI MUMPUNI.
Dan saya pun didalam hati berjanji menyelesaikan Mobil Listrik PINDAD sesegera mungkin, untuk ditampilkan di HARTEKNAS, di Sabuga, ITB 8 Agustus 2012.

Alhamdulillaah ke dua nya terwujud..
walau di akhir tahun 2012, terjadi sedikit masalah tuduhan pencurian teknologi mobil listrik melalui Media, oleh salah seorang pengembang mobil listrik indonesia, karna kesalahpahaman.

Diawal dan pertengahan tahun 2014 ini, hampir semua Universitas yang ditunjuk untuk pengembangan Mobil Listrik Nasional, mengumumkan hasil pengembangan mobil listrik mereka...
Namun sayang sekali, saya belum mendengar kabar pengembangan Motor Listrik, sebagai mesin penggerak Mobil Listrik tsb..


Baru sebulan yang lalu, saya mendengar, rencana sebuah Universitas untuk membuat prototype BLDC Motor penggerak mobil listrik tsb, dan tentu saja bersama PINDAD.
atau mungkin lebih tepatnya.., memesan pembuatan nya pada PT PINDAD.


Inikah rencana prototype Mesin Mobil Listrik nasional thn 2014 itu? mudah2an tahun ini benar2 terwujud.Tapi sedikitnya saya bahagia,
Telah menitipkan teknologi pendesainan dan pembuatan Motor Listrik Mesin Penggerak Mobil Listrik tsb, ke PT Pindad 2 tahun lalu.


Di satu sisi, saya sangat kecewa pada 38 rektor dan Mentri2 yang hadir pada saat itu, yg menjanjikan keberhasilan rencana PJ ini.. namun, pada akhirnya tak satupun Univ yg mengembangkan Mesin Mobil listrik ini 
dengan tangan dan fikiran Mereka... 


Bagaimana kah nasib negri ini...

Sambil mengingat ... apa yang telah terjadi 2 Tahun ini...
Semoga ada Protes, dari salah satu Univ, yang Menyatakan mereka telah melakukan penelitian/perancangan/pembuatan Prototype Electric Motor for Electric Vehicle, dengan kapasitas.. 50kW sd 60kW...

Semoga ada protes...

Terima kasih Pak Dahlan Iskan.. atas kepercayaan yang diberikan terhadap saya...
2 Tahun setelah memutuskan  kembali pulang ke Negri ini

20140720... 

By Ricky Elson.

Sumber : https://www.facebook.com/ricky.elson

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost