Senin, 21 Juli 2014

Dahlan Iskan Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di Gorontalo

ANT/Rosa Panggabean
ANT/Rosa Panggabean
Metrotvnews.com, Gorontalo: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) Tongkang Jagung, milik Perusahaan Listrik Negara (PLN), di Pulubaka, Gorontalo, Senin (21/07/2014). PLTB itu merupakan pembangkit pertama yang memanfaatkan tongkang jagung sebagai sumber energi menghasilkan listrik di Indonesia.

Dahlan Iskan mengatakan bahwa PLTB Pulubala adalah awal hadirnya pembangkit-pembangkit biomassa di Indonesia. "PLTB Pulubala ini berkapasitas 500 kilowatt, masih kecil dibandingkan kebutuhan listriknya. Tapi, tidak masalah, karena ke depannya akan dibangun PLTB lainnya yang berkapasitas 500 kw hingga 1 megawatt," ujarnya melalui keterangan pers tertulis di Gorontallo, Senin (21/07/2014).

Selain itu, Dahlan mengatakan, ke depannya PLTB akan dibangun dengan tanaman lain seperti cangkang sawit dan pelepah kayu. Dirinya juga mengapresiasi tim PLN Gorontalo yang berhasil membangun PLTB ini. "Saya bangga ternyata putera-puteri bangsa sudah mampu membangun mesin PLTB sendiri," puji mantan dirut PLN ini.

Sebagai informasi, saat ini kebutuhan kebutuhan listrik di Gorontalo setiap tahun sebesar 11,36% dengan beban listrik mencapai 78 megawatt. Biaya pokok listrik dengan bahan bakar minyak adalah Rp2.900/kwh, sedangkan dengan tongkol jagung hanya Rp1.058/kwh.

http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2014/07/21/268772/dahlan-iskan-resmikan-pembangkit-listrik-tenaga-biomassa-di-gorontalo

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan langsung melakukan peninjauan ke Pembangkit Listrik Tenaga Biomas (PLTB) yang berasa dari bonggol jagung begitu sampai di Gorontalo.

Dahlan menyebutkan, PLT Biomass ini terletak di desa Pongaila, Kecamatan Pakubala, Kabupaten Gorontalo. Di mana, kapasitas pembangkit ini 1x500 kilowatt (kw). 

"Bahan pembangkit bisa seluruhnya dari tanaman jagung," kata Dahlan seperti yang disampaikan Staff Ahli BUMN, Abdul Aziz, Jakarta, Senin (21/7/2014).

Dahlan menyebutkan, peresmian PLT Biomas ini juga disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, dan GM PLN Sulawesi Bagian Utara. 

"Ini PLTB pertama yang diresmikan dan  masuk grid PLN," tutupnya. (rzk)

http://economy.okezone.com/read/2014/07/21/19/1015797/dahlan-resmikan-pembangkit-dari-bonggol-jagung-pertama-di-ri


Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meresmikan dimulainya pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) di Desa Pongaila, Kecamatan Pukubala, Provinsi Gorontalo. 

Pembangkit Biomassa pertama di Indonesia ini, akan memanfaatkan limbah atau sisa hasil pertanian (bongkol jagung) sebagai bahan bakar pembangkit generator.

"Ini PLTB pertama yang diresmikan dan masuk grid PLN," kata Staf Khusus Menteri BUMN Abdul Aziz yang ikut menemani kunjungan Dahlan di Gorontalo kepada detikFinance, Senin (21/7/2014).

Aziz menerangkan, pembangkit listrik tenaga biomassa tersebut memiliki kemampuan menghasilkan listrik 1 X 500 kilo watt (KW). PLTB baru ini telah terkoneksi dengan jaringan kelistrikan PLN, sehingga terhitung mulai hari ini sudah bisa membantu melistriki area Gorontalo.

"Karena sudah tersambung dengan sistem dapat dikatakan per hari ini sudah masuk dalam jaringan PLN," tambahnya.

PLTB ini akan dan bisa diadopsi ke seluruh wilayah nusantara, khususnya daerah yang secara geografis sulit terjangkau jaringan kelistrikan PLN.

"Sebenarnya karena banyaknya biomassa di Indonesia diharapkan seluruh Indonesia mempunyai peluang, musalnya Papua dan khususnya daerah yang terisolasi," paparnya.

Ikut menghadiri acara peresmian PLTB pertama di Indonesia itu yakni Wakil Gubernur Gorontalo dan Direktur PLN Operasi Indonesia Timur Vickner Sinaga.

http://finance.detik.com/read/2014/07/21/141644/2643407/1034/dahlan-iskan-resmikan-pembangkit-listrik-limbah-pertama-ri-di-gorontalo

POS KUPANG.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Senin (21/7) pagi meresmikan pengoperasian PLT Biomassa berbasis bonggol jagung, di Desa Pongaila, Kecamatan Pukubala, Kabupaten Gorontalo, berkapasitas 500 KW.

Menumpang pesawat Garuda Indonesia GA 642, Dahlan tiba di Kota Gorontalo pukul 13.00 WITA setelah transit di Makassar.

Staf Khusus Menteri BUMN Abdul Aziz ketika dihubungi mengatakan sesampainya di Bandara Djalaludin Gorontalo, Dahlan disambut Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim.

Didampingi Direktur PLN Operasi Indonesia Timur Vickner Sinaga, GM PLN Sulawesi bagian utara bersama rombongan Dahlan langsung meninjau pembangkit.

"Ini PLTB pertama yang diresmikan dan masuk grid (jaringan PLN)," ujar Aziz.
Gorontalo banyak terdapat bahan baku berupa tongkol jagung dan sekam padi karena wilayah ini cocok untuk pengembangan komoditas ini.

Menurut catatan, Gorontalo mampu menghasilkan tongkol jagung sebanyak 104.000 ton per tahun. Sekam yang bisa dihasilkan mencapai 67.000 ton per tahun.  (antara)

http://kupang.tribunnews.com/2014/07/21/dahlan-iskan-resmikan-pembangkit-listrik-berbasis-bongkol-jagung

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost