Sabtu, 06 September 2014

Tabung Gas dari UGM Bikin Tak Perlu Antri di SPBG



JAKARTA - Selama ini, untuk mengisi ulang kendaraan dengan bahan bakar gas (BBG), masyarakat harus antri di SPBG layaknya membeli bahan bakar minyak (BBM). Namun, inovasi dari Dosen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mempermudah masyarakat mengisi BBG tanpa perlu antri.

Mengapa bisa? Sebab tabung tersebut menggunakan sistem cartridge atau bisa tukar pasang. Inovasi karya Imam Prasetyo itu membuat masyarakat tidak perlu antri ke SPBG tapi bisa membeli secara bebas layaknya tabung gas LPG.

“Tabung sangat fleksibel, sangat memungkin mendukung konversi BBM ke BBG. Hanya persyaratannya gas tidak boleh mengandung uap air. Jika mengandung uap air akan menutupi karbon,” tegas Imam, seperti dinukil dari situs UGM, Jumat (6/9/2014).

Saat ini, hasil penelitian Imam tengah diujicoba pada kendaraan milik PT. Barata Indonesia. Bahkan sebelumnya, hasil riset Imam tengah mendapat respon positif dari Menteri BUMN Dahlan Iskan sebagai solusi pengganti bensin, mahalnya tabung BBG, dan ketakutan masyarakat karena risiko ledakan.

“Kita ini masih dalam penjajahan BBM, masih bergantung impor, tidak tahu cara mengatasinya. Jika ada konversi ke gas, ini solusi terbaik. Minimal ada ujicoba tahap awal. Kita coba nantinya dibakar atau ditabrak. Jika ini berhasil, tidak hanya untuk kendaraan tapi juga untuk pembangkit listrik,” ujar Dahlan saat itu. (mrg)


http://kampus.okezone.com/read/2014/09/05/372/1035001/tabung-gas-dari-ugm-bikin-tak-perlu-antri-di-spbg

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost