Selasa, 17 Desember 2013

Dahlan Iskan Panen Sorgum di Perbatasan Indonesia

MENARANews, Atambua (NTT)Menteri BUMN, Dahlan Iskan beserta sejumlah jajaran BUMN melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan Indonesia, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam rangka panen raya sorgum pada Selasa (17/12).

Dalam sambutanya, Menteri BUMN, Dahlan Iskan memaparkan bahwa proyek penanaman sorgum oleh Kementrian BUMN di Kabupaten Malaka ini merupakan bagian dari program BUMN Peduli Masyarakat. “Dalam proyek ini, Kementiran BUMN menggandeng PT Batan Teknologi sebagai pengelolanya dan PT Askes sebagai penyantun dananya” paparnya.
Dalam kegiatan panen raya yang hanya sekitar dua jam setengah namun berlangsung meriah tersebut, Kementrian BUMN beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Malaka melakukan panen pada areal pertanian sorgum seluas 111 hektar yang bertempat di Desa Umanen Lawalu, Kabupaten Malaka.
“Kami menyambut baik program yang dicanangkan oleh Pak Dahlan Iskan. Perlu diketahui bahwa nenek moyang orang Malaka telah menjadikan sorgum sebagai bahan makanan utama mereka secara turun-temurun. Karena itu, terdapat harapan Kementrian BUMN bisa melakukan ekspansi sorgum ke seluruh wilayah Malaka” jelas Penjabat Bupati Malaka, Herman Nai Ulu, dalam sambutannya dihadapan masyarakat yang hadir.
Sebagaimana dijelaskan, sorgum merupakan komoditi yang tidak asing di Kabupaten Malaka. Sejak dari dahulu kala masyarakat Malaka menyebut sorgum dengan istilah Jagung Rote. Dengan target 214 hektar lahan sorgum, proyek dari Kementrian BUMN ini diharapkan menjadi lompatan bagi pengembangan masyarakat di Kabupaten Malaka yang baru saja mekar dari kabupaten induknya, Belu, sejak Januari lalu.
Tidak hanya itu, Kementrian BUMN melalui PT. Askes juga mecanangkan pemberian bantuan kesehatan gratis ke warga Kabupaten Malaka dengan target delapan ribu orang. “Program kesehatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka” jelas Direktur Pelayanan PT Askes, Fajri Adi Nugraha yang turut hadir mendampingi Pak DI, sapaan akrab Dahlan Iskan.
Dalam kegiatan tersebut, selain jajaran Pemerintah Kabupaten Malaka, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, juga turut didampingi oleh tersebut Dirut PT BATAN Teknologi, Yudiutomo Imardjoko, Danrem 161/Wirasakti Kupang, Kolonel Inf Ahmad Yuliarto, dan Dandim 1605 Belu Letkol Inf. Hendry Wijaya. (Lim)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost