Jumat, 15 Agustus 2014

Dahlan Iskan : BUMN Semakin Banyak Diandalkan Bangun Infrastruktur


MedanBisnis - Jakarta. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai ke depan posisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semakin strategis. Khususnya dalam mendukung pembangunan infrastruktur.
BUMN bisa menjadi tumpuan pemerintah untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Karena keterbatasan APBN maka ke depan BUMN semakin banyak diandalkan karena kemampuan pendanaan BUMN semakin baik," kata Dahlan saat ditemui usai acara pidato kenegaraan di Gedung DPR MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8).

Dengan kemampuan dan kapasitas saat ini, BUMN mampu menerima penugasan membangun proyek-proyek infrastruktur. Namun pemerintah harus memberi kejelasan tentang dasar penugasan.

"Tinggal fleksibelitas bagaimana cara menunjuk dan menugaskan. Paling nggak solusi paling fleksibel," jelasnya.

Dahlan membenarkan BUMN diminta mengerjakan mega proyek infrastruktur raksasa seperti Tol Trans Sumatera. Namun BUMN hingga kini tak kunjung memperoleh surat penugasan dalam bentuk Peraturan Presiden.

"Ya belum turun izinnya," jelasnya.

Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat pidato kenegaraan hari ini menyinggung peran infrastruktur.

Menurut SBY, pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi namun selama ini ada beberapa proyek nasional yang masih terkendala.

"Proyek infrastruktur terhenti karena politik dan logistik. Nggak mungkin Indonesia jadi negara raksasa tanpa infrastruktur berkualitas dan modern," kata SBY.(dtf)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost