Selasa, 15 Oktober 2013

Dahlan Iskan : “Hiduplah Seperti Film Kartun…”


Hiduplah seperti tokoh dalam film kartun. Kalimat motifasi ini pernah saya dapat dari Dahlan Iskan. Mungkin jadi motto beliau juga nih. Kartun itu meski kelindas, ditabrak, sampai gepeng, hancur. Eeh.. dengan cepat bisa bangun lagi. Hehehee…  bener juga yaa. Kita kalau melihat film kartun Tom and Jerry misalnya. Kejar-kejaran, jebak-jebakan, hancur-hancuran, diserang bertahan, sampai gepeng badannya hahhaha … Bisa bangkit lagi dengan cepat.

Belum lama ini  ada film kartun yang sangat digemari anak-anak. Saya pun ikut menonton karena ternyata sangat-sangat menarik yaitu: Spongebob Squarepants dari Nickelodeon. Opening dari film ini sangat segar karena memang menggambarkan kehidupan bawah laut. Selalu diawali dengan kalimat penuh semangat “Pagi yang cerah di Bikini Bottom…” Dan SpongeBob selalu membuka dengan kalimat “Selamat pagi Bikini Bottom.. “

Tokoh-tokoh dalam film kartun tersebut sangat unik dan lengkap. Menggambarkan dalam kehidupan manusiapun seperti itu.

Spongebob adalah pegawai juru masak di restoran Krusty Krub. Spongebob ini selalu berpembawaan ceria, positif thinking, optimis, rajin, ulet dan tidak mengeluh. Bahkan kalau tidak bekerja dia malah pusing. Ahaaa…  sama persis dengan Dahlan Iskan yaa? Yang mottonya: kerja kerja kerja.

Pernah Spongebob ini diberi cuti libur oleh tuan Krab, bos-nya. Ehh.. malah nongol di tempat kerja. Lalu ditanya “Spongebob, kamu kan saya kasih libur, kenapa masuk?”  Spongbob menjawab : “Iya mister Krab, aku ini sedang liburan” Hwahahaa…

Lalu tokoh sebaik Spongebob, apa tidak punya musuh? Wahh… ternyata tokoh-tokoh di sekeliling dia juga bermacam-macam. Rekan kerja Spongebob ini, namanya Squidward. Sifatnya kebalikan dari SpongeBob.

Squidward yang bekerja sebagai kasir di restoran Krusty Krab ini berbeda dengan Spongebob. Squidward sifatnya pengeluh, pemalas, dan selalu berpikiran pesimis dan negatif. Tapi meski begitu SpongBob tidak pernah mengeluhkan sifat teman kerjanya ini. Spongebob tetap ceria, rajin, humoris, bahkan sering menghibur Squidward supaya tidak cemberut saja… hehehee. Sponge yang baik yaa…?

Spongebob punya teman baik sekaligus tetangga namanya Patrick Star. Meski Patrick ini tidak terlalu cerdas, bahkan sering berbuat konyol karen kebodohan-nya. Tpi Spongebob sangat sabar berteman dengan Patrick. Bahkan Spongebob selalu membimbing, mengajari dan dengan sabar membantu Patrick.

Ada lagi tokoh Sandy. Tupai cewek yang sangat mengagumi Spongebob. Sandy sangat suka ber-inovasi menciptakan temuan-temuan yang bermanfaat. Dia juga selalu saling mendukung dengan Spongebob.

Meski kadang saling meledek, bercanda tapi mereka berteman baik. Meski Sandy ini adalah dari komunitas yang berbeda. Sponge bob dan yang lain-nya dari komunitas kehidupan laut, sedang Sandy adalah dari daratan. Tapi Sandy sangat diterima di Bikini Bottom. Dan Spongebob bahkan berteman baik dengan Sandy.

Tapi seperti hal-nya dalam kehidupan manusia. Bahkan orang baik-pun tidak selamanya selalu dikelilingi oleh orang baik. Maka SpongeBob dikelilingi juga oleh tokoh-tokoh dengan berbagai karakter tersebut.

Dan masih ada satu lagi yang punya niat  jahat kepada Spongebob dan iri dengan kesuksesan restoran Krusty Krab. Tokoh jahat ini namanya Plankton. Pemilik Chum Bucket. Dia sebenarnya sudah kaya raya, tapi selalu merasa kurang dan kurang.  Dengan berbagai cara yang licik.

Dia selalu berusaha mencuri resep rahasia krabby patty, burger andalan restoran Krusty Krab. Bahkan tak jarang dia berlaku seolah baik-baik kepada Spongebob. Namun dengan niat dan tujuan memperalat Spongebob. Tapi dengan kecerdikan dan kebersihan hatinya. Spongebob pada akhirnya selalu tahu niat jahat Plankton, bahkan akhirnya Plankton selalu gagal.

Saya jadi merenung. Dahlan Iskan juga seperti SpongeBob. Tokoh yang optimis, positif thinking, rajin, ulet ini juga dikelilingi oleh tokoh-tokoh yang  bermacam-macam. Ada yang  pinter, bodoh, pemalas, ada yang baik namun ada juga yang jahat … ahaaa.

Hiduplah seperti dalam film kartun. Meski digencet, ditabrak, dijepit, dilindas sampai gepeng tapi dengan cepat bangun kembali. Kerja kerja kerja … !!! Kata pak Dahlan Iskan dan Ayo bekerja … !!! kata Spongebob.***

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost