Selasa, 01 Oktober 2013

Tempat Setrum Ini Sudah Menanti Mobil Listrik 'Lamborghini' Dahlan Iskan



Nusa Dua - Mobil listrik sport baru milik Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mirip Lamborghni, yaitu Selo, sudah sampai di Bali dan siap dipamerkan dalam gelaran KTT APEC 2013. Mobil ini sudah ditunggu stasiun bahan bakar listrik (SPBL) yang sudah siap beroperasi.

Ada 10 SPBL yang semuanya sudah siap beroperasi di kawasan Nusa Dua. Delapan di antaranya berada di lapangan pool taksi, dua sisanya di dekat Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

"Ada 10 yang siap beroperasi," ujar Dedi, pegawai PT Mecoindo ketika ditemui di kawasan Nusa Dua, Bali, Selasa (1/9/2013).

PT Mecoindo adalah rekanan PLN yang memproduksi unit charging station atau SPBL. Perusahaan ini berkedudukan di Bekasi.

Dedi mengatakan, listrik yang mengalir ke unit charging station tersebut diambil dari trafo yang ada di kawasan Nusa Dua. Namun perangkat yang ada di dalam unit tersebut, bisa secara otomatis berhenti bekerja jika listrik dari trafo induk sedang digunakan untuk keperluan lain.

"Jadi bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Dedi.

Unit SPBL tersebut bentuknya mirip seperti dengan unit pengisi bahan bakar di SPBU. Charging station ini juga menggunakan selang dengan diameter seperti selang bensin. Bedanya ujung selang berbentuk seperti charger pada handphone, namun tentunya berukuran lebih besar "Kalau soal mobil listriknya saya tidak tahu, kapan akan datang ke sini," kata Dedi.


Unit pengisi listrik ini sudah siap untuk mendukung mobil listrik yang rencananya akan dipamerkan dalam pertemuan KTT APEC 2013 di Nusa Dua yang berlangsung 1-8 Oktober 2013. 

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, selain mobil sport sejumlah mobil listrik buatan dalam negeri juga telah dikirim ke Bali. Ada mobil listrik mewah menyerupai Alphard bernama Gendis. Mobil listrik yang dirancang oleh Ricky Nelson ini, lolos uji sertifikasi tanpa catatan. Gendis sendiri diproduksi sebanyak 4 unit.

"Kemarin sudah dikirim ke Bali sebagian, sebagian lagi hari ini, dan sebagian lagi besok. Sudah melalui tes sertifikasi di Kemenhub sudah selesai semua sekarang sudah di Bali. Besok atau lusa sudah sampai di Bali semua. Selo juga sudah sampai di Bali. Sekarang sudah disterilkan. Karena pengamannya sudah tinggi," tutur Dahlan.


http://finance.detik.com/apec/read/2013/10/01/172042/2374641/1034/1/tempat-setrum-ini-sudah-menanti-mobil-listrik-lamborghini-dahlan-iskan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost