Rabu, 23 Oktober 2013

2 TAHUN DAHLAN ISKAN JADI MENTERI BUMN (5)


Visi ke-3 BUMN di bawah Dahlan Iskan adalah BUMN harus menjadi pride of nation. Menjadi kebanggaan bangsa. BUMN harus menjadi perusahaan-perusahaan tangguh yang mampu bersaing dalam pasar global.

Selama dua tahun terakhir, ada beberapa capaian BUMN yang layak diapresiasi.

PERTAMINA MASUK FORTUNE 500

Pertamina adalah badan usaha milik negara yang sempat dilekati intervensi dan muatan politik, terbelit utang luar negeri, serta dibayangi isu korupsi dan kolusi. Tapi tahun ini, Pertamina tiba-tiba masuk daftar perusahaan terbesar dunia yang biasa disebut Fortune 500. Langsung nangkring di rangking 122. Mencatat rekor laba 25 triliun di tahun 2012. Terbesar sepanjang sejarah. Apa kunci kebangkitan Pertamina? Salah satunya karena dukungan penuh Menteri BUMN pada pertamina agar bebas dari intervensi. Contohnya dukungan pada pertamina untuk membeli langsung dari produsen atau kilang dengan harga patokan yang bisa diakses terbuka. Tidak lagi melalui calo yang rawan markup. Atas prestasinya itu, Dahlan ngotot memperpanjang jabatan Dirut Karen Agustiawan yang seharusnya sudah selesai maret 2013. Oktober ini majalah Fortune menobatkan Karen sebagai wanita paling berpengaruh no.6 dunia dalam peringkat "Most Powerful Women: The International Power 50".

http://ekbis.sindonews.com/read/2013/03/06/34/724572/dahlan-resmi-perpanjang-masa-jabatan-karen-agustiawan

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/10/20/1319015/Karen.Agustiawan.We.ve.Gone.So.Far.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kpopwp


GARUDA KALAHKAN SINGAPORE AIRLINES

Maskapai Garuda Indonesia berhasil mendapat pengakuan di tingkat internasional. Setelah berhasil meraih "The World's Best Regional Airline" tahun lalu, maskapai pelat merah itu berhasil meraih predikat "World's Best Economy Class 2013" versi Skytrax. Taget Dahlan selanjutnya adalah bisa menyalip Singapura dalam hal industri penerbangan berskala internasional. Itu bisa cepat diraih dengan ‘ide terobosan’ Dahlan yaitu menggabungkan Garuda dengan Angkasa Pura dalam holding penerbangan.

http://www.merdeka.com/uang/garuda-raih-gelar-penyedia-kelas-ekonomi-terbaik-sejagat.html

http://finance.detik.com/read/2013/02/02/113342/2159397/6/salip-singapura-dahlan-buka-ide-kawinkan-garuda-angkasa-pura-i-ii


BATANTEK EKSPANSI KE AMERIKA

BUMN rekayasa nuklir ini nyaris mati karena larangan pengayaan uranium tingkat tinggi. Tapi nyawanya terselamatkan setelah menemukan teknologi pengayaan uranium tingkat rendah. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang menguasai teknologi ini. Kemampuan ini membuat Batantek percaya diri merebut pasar radiosotop dunia. Dahlan Iskan lalu meminta PT Batan Teknologi agar mengembangkan bisnisnya dengan membangun pabrik di Virginia Amerika Serikat (AS) yang merupakan 60% pasar radioisotop dunia. Tahun 2017, pabrik ini akan mulai beroperasi.

http://economy.okezone.com/read/2013/06/11/320/820263/redirect

SEMEN INDONESIA TERBESAR ASEAN

Keberhasialn Kementerian BUMN melakukan holding Semen Indonesia, membuat kemampuan perusahaan ini meningkat pesat. Hal itu lalu diikuti agresifitas peningkatan produksi dan perluasan pasar. Naiknya kemampuan produksi Semen Indonesia didorong akuisisi Thang Long Cement Vietnam desember 2012.

Peningkatan produksi ini membuat PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berhasil mengalahkan Siam Semen Thailand sebagai produsen semen terbesar di ASEAN pada 2013. Langkah selanjutnya adalah melakukan ekspansi ke Myanmar.

http://finance.detik.com/read/2013/05/14/113636/2245186/6/salip-thailand-produksi-semen-indonesia-terbesar-di-asean


WASKITA KARYA BANGUN MASJIDIL HARAM

Dua tahun lalu PT Waskita Karya (Persero) Tbk termasuk perusahaan sakit. Kini sudah bisa berlari kencang. Waskita sedang mengerjakan proyek jangka panjang di luar negeri. Perseroan menggarap proyek renovasi Masjidil Haram di Mekkah selama 5-10 tahun. Kontrak-kontrak abru di luar negeri potensial meningkatkan pendapatan perseroan hingga 30 persen.

http://www.tempo.co/read/news/2013/04/10/090472534/Waskita-Karya-Garap-Renovasi-Masjidil-Haram


WIKA EKSPANSI KE AFRIKA SELATAN

PT Wijaya Karya (Wika) akan membangun sebanyak 2 ribu unit single house di Afrika Selatan. Wika akan bekerja sama dengan perusahaan lokal Nu-Crete dalam proyek senilai US$31 juta. Proyek ini akan melibatkan sekitar 2 ribu tenaga kerja dari Indonesia dan pembangunannya dimuali kuartal pertama 2014.

http://www.bumn.go.id/wika/en/publikasi/berita/wika-bangun-2-ribu-rumah-di-afrika-selatan/

TELKOM EKSPANSI KE SEPULUH NEGARA

Tak puas cuma jadi jago kandang, Telkom mulai berani melakukan ekspansi ke luar negeri. 17 Agustus 2013 Telkom secara resmi hadir di 3 negara yakni Malaysia, Taiwan, dan Macau. Ini melengkapi portfolio sebelumnya yang sudah masuk ke beberapa negara melalui anak perusahaan: Telin Singapura, Telin Hongkong, Telkom Australia dan Telkomcel Timor Leste.

Upaya ini sejalan dengan visi Telkom melalui Program International Expansion di 10 negara, yaitu: Singapura, Hongkong, Timor Leste, Australia, Macau, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, Korea dan Myanmar.

http://www.indotelko.com/kanal_rumors?it=Sambut-Hari-Kemerdekaan-Telkom-Ekspansi-ke-Tiga-Negara

Masih ada beberapa upaya lain BUMN untuk tak sekedar menjadi jago kandang. Juga sedikit mengobati luka sebagai bangsa yang sering diremehkan. Prestasi ini diharapkan menimbulkan optimisme yang membuat hidup lebih bersemangat.

Kerja.kerja.kerja. Demi Indonesia.


Sumber : https://www.facebook.com/Catatan.Dahlan.Iskan?ref=stream&hc_location=stream

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost