Jumat, 04 Oktober 2013

Memahami Penyebab Krisis Listrik Sumut

Krisis Lisrik di Sumatera Utara semakin parah. Harusnya ini tidak perlu terjadi kalau pembangunan PLTA Asahan III yang jadi prioritas PLN tidak terhalang birokrasi yang ruwet. Dahlan Iskan yang waktu itu menjadi dirut PLN sampai harus perang terbuka di media dengan Gubernur Sumut waktu itu, Syamsul Arifin, karena PLN tidak juga memperoleh ijin lokasi untuk memulai pembangunan Asahan III.

“Bisa saja kita sabar menunggu izin dari Gubernur dan tidak membangun PLTA ini sekarang, asalkan masyarakat Sumut bisa terima pada tahun 2013 -2014 Sumut akan alami krisis listrik lagi,” kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara,      Kamis (13/5/2010).

Biar kita lebih mengerti penyebab tertundanya Asahan III, berikut timeline proyek PLTA yang seharusnya bisa menjadi solusi krisi listrik di Sumut.
TIMELINE ASAHAN III

Tahun 1995
PLN Kantongi AMDAL pembangunan Asahan III

Tahun 2004
PLN mulai mengurus ijin lokasi untuk memulai pembanguna Asahan III

MARET 2010
Dahan Kaget Ijin Lokasi diberikan ke pihak swasta yang tidak mengantong AMDAL Asahan III.
Dahlan telah beberapa kali “merayu” Gubernur Sumut, Syamsul Arifin, untuk mencabut izin lokasi yang diberikan kepada perusahaan swasta itu. “Sudah tiga kali saya bertemu pak  Gubernur Sumut (Syamsul Arifin),” katanya.

Jika tidak dicabut segera, maka PLN harus menunggu tiga tahun lagi jika ingin membangun   PLTA Asahan III tersebut.


APRIL 2010
Dahlan yang waktu itu dirut PLN, menunjukkan kegemasannyaa akan sikap Gubernur Sumut  yang masih belum tegas soal ijin lokasi Asahan III

“Kini tinggal Asahan III yang masih menunggu takdir Tuhan! Saya dengar Gubernur Sumut Syamsul Arifin baru pulang umroh. Saya yakin di Makkah, di dekat ka’bah, beliau sudah      sempat minta petunjuk Tuhan mengenai apa yang terbaik yang harus dia lakukan untuk     Asahan III. Terutama setelah beliau tahu bahwa PLN sudah mengajukan permohonan ijin      lokasi Asahan III sejak tahun 2004. Dan sudah diulangi sampai 12 kali. Apalagi setelah         beliau, sebagai gubernur baru, 

akhirnya tahu bahwa PLN sudah sangat siap membangun   Asahan III “melebihi siapa pun di dunia ini. Gubernur tentu bisa mengadu secara fair di  antara para peminat Asahan III itu. Kalau toh PLN harus kalah, saya akan menerimanya   sepenuh hati. Asal Asahan III bisa segera dibangun. Demi rakyat Sumut!”


MEI 2012
Dahlan peringatkan semua pihak bahwa Sumut terncam Krisis Listrik Tahun 2013-2014 Kalau Asahan III tidak segera dibangun.
“Bisa saja kita sabar menunggu izin dari Gubernur dan tidak membangun PLTA ini sekarang, asalkan masyarakat Sumut bisa terima pada tahun 2013 -2014 Sumut akan alami krisis listrik lagi,” kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara,    Kamis (13/5/2010).

Februari 2012
Akhirnya PLN peroleh izin Asahan III
PLN dipastikan akan memperoleh ijin lokasi untuk pembangunan Pembangkit Listrik    Tenaga      Air (PLTA) Asahan III dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam  bulan ini. Hal tersebut ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Gatot  Pujo Nugroho.


Agustus 2013
Proyek PLTA Asahan III Terganjal Korupsi Hutan Lindung
Lepas dari ”sandera” Birokrat Pemprov Sumut selama tujuh tahun, proyek yang semula diharapkan jadi satu solusi listrik Sumut, kini disandera perkara korupsi ganti rugi base   camp dan access road, yang ternyata hutan lindung.

Penyidik Polda Sumut menetapkan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak sebagai  satu tersangka dalam kasus ini.

Akibatnya, Dari target awal 2014, bakal molor jadi 2018 nanti. Dampaknya Sumut harus rela   lebih lama byarpet.


Agustus 2013
Untuk mengatasi krisis listrik Sumut, sebelum pembangkit-pembangkit selsai di bangun,         Dahlan perintahkan PLN menyewa genset besar-besaran. Dan siap bertanggung jawab         kalau masalah ini dikemudian hari dipermasalahkan DPR.


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost